Kamis, 22 Desember 2022

Instruktur LRMPHP Berikan Pelatihan Pengolahan Ikan Lele

Instruktur LRMPHP di lokasi pelatihan 
Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan Bantul memberikan pelatihan pengolahan ikan lele di Kampung Pramuka Bromonilan Sleman pada 20 Desember 2022. Pelatihan ini sebagai tindak lanjut kaji terap budidaya ikan lele dan penanganan pasca panen, sekaligus untuk mendukung pengembangan Rintisan Kampung Pramuka Bromonilan di Sleman. Kegiatan pelatihan diselenggarakan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Saka Bahari Kwarda DIY, pengelola desa wisata Kampung Pramuka Bromonilan, dan masyarakat setempat. 

Dalam kegiatan ini, LRMPHP memberikan pelatihan pembuatan tahu bakso dengan bahan baku ikan lele. Pelatihan yang diikuti sebanyak 35 peserta dilaksanakan dibawah bimbingan para instruktur dari LRMPHP, baik secara teori maupun praktik langsung. Kepala LRMPHP, Luthfi Assadad yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan penguatan dalam pelatihan ini yakni penggunaan alsinkan rancang bangun LRMPHP dalam proses pengolahan produk, yaitu Alpindel (Alat Pengisi Adonan Sistem Handel) dan lemari peniris.

Kegiatan pelatihan diawali dengan fileting ikan lele sehingga dapat terpisah antara daging, tulang, kepala dan kulitnya. Selanjutnya daging tersebut digiling menggunakan food processor hingga lembut. Perlu dipastikan bahwa fileting ikan harus baik karena jika masih tercampur sedikit kulit akan menggumpalkan daging ikan lele. Beberapa bumbu dapur yang digunakan seperti bawang, kemiri, merica dihaluskan, selanjutnya di campur dengan daging lumat lele hingga merata. Tepung terigu dan tepung tapioka selanjutnya ditambahkan ke dalam adonan menggunakan air es hingga tekstur adonan siap untuk diisikan ke dalam tahu. 

Pengenalan Alpindel oleh instruktur LRMPHP

Pengenalan pengisian adonan ke dalam tahu menggunakan Alpindel (Alat Pengisi Adonan sistem Handel) untuk meningkatkan kecepatan pengisian adonan dan higienitas adonan. Setelah tahu terisi dengan adonan bakso lele dilanjutkan dengan merebus hingga masak. Tahu bakso lele yang telah direbus selanjutnya ditiriskan dengan lemari peniris sebelum digoreng langsung atau dapat disimpan di freezer untuk waktu yang cukup lama. 

Secara antusias peserta mengikuti kegiatan pelatihan karena merupakan hal baru dan berhasil membuat tahu bakso ikan dengan tekstur dan rasa lezat sesuai yang diajarkan para instruktur. Lezatnya tahu bakso lele ini juga disampaikan Kepala Dukuh Bromonilan, Maryono. "Tahu bakso lele ini lezat, tidak kalah dengan tahu bakso komersial," ujarnya.

Testimoni rasa tahu bakso lele dari Kepala Dukuh Bromonilan




0 comments:

Posting Komentar