Kamis, 01 Desember 2022

Pelatihan Clean Anhydrous Weed (CAW) di LRMPHP

Pelatihan analisa CAW di Lab. Kimia LRMPHP

LRMPHP mengadakan pelatihan analisa Clean Anhydrous Weed (CAW) rumput laut kepada para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan yang sedang PKL di LRMPHP. Pelatihan yang melibatkan instruktur dari LRMPHP dan 11 pelajar dari SMKN 1 Jepara dan SMKN 1 Temanggung diadakan di LRMPHP pada 30 November 2022. Tujuan pelatihan ini untuk menambah pengetahuan kepada para pelajar dalam analisa kadar CAW pada rumput laut kering sebagai salah satu persyaratan mutu dan keamanan rumput laut.

Pelatihan diawali dengan pengenalan berbagai jenis rumput laut seperti jenis Eucheuma cottonii, Eucheuma spinosum, Gelidium spp., Gracilaria spp., Sargassum spp. serta  persyaratan mutu dan keamanan rumput laut kering yaitu parameter sensori, kimia, cemaran logam dan fisik/impurities dalam memenuhi jaminan kualitas rumput laut untuk pasar domestik dan internasional. 

Dalam pemaparannya, Instruktur LRMPHP, Wahyu Tri Handoyo dan Tim menyampaikan bahwa permintaan terhadap rumput laut Indonesia cukup tinggi baik di pasar domestik maupun internasional. Namun demikian, rumput laut dari Indonesia masih dihargai rendah oleh pasar internasional karena mutunya belum baik. Oleh karena itu diperlukan teknologi penanganan pasca panen serta pengujian kualitas rumput laut sebelum dipasarkan.

Salah satu parameter pengujian kualitas rumput kering yaitu kadar Clean Anhydrous Weed (CAW). Metode pengujian ini mengacu Standar Nasional Indonesia SNI 8168:2015 tentang Penentuan Clean Anhydrous Weed (CAW) pada rumput laut kering. Standar ini menetapkan cara penentuan kadar atau prosentase rumput laut yang bebas dari kotoran total pada semua jenis rumput laut kering. Prinsip pengujiannya dimulai dengan perendaman, pembersihan dan pencucian rumput laut kemudian dikeringkan menggunakan oven hingga didapatkan rumput laut yang bersih dan kering.

Dalam praktek pengujian kadar CAW di Laboratorium Kimia LRMPHP, peserta mengunakan rumput laut jenis Eucheuma cottonii yang diperoleh dari Karimun Jawa. Dengan penuh antusias para peserta pelatihan menimbang dan mencacah rumput laut menjadi potongan kecil, selanjutnya dimasukkan kedalam gelas piala dan ditambahkan dengan air bersih. Setelah perendaman selama 30 menit lalu dilakukan pengadukan setiap 5 menit dan buang air rendamannya secara berulang. Langkah selanjutnya pembilasan dan penirisan rumput laut untuk selanjutnya dimasukkan kedalam oven pada suhu 60 °C selama 60 menit.


0 comments:

Posting Komentar