Selasa, 05 September 2023

ALTIS- Alat Transportasi Ikan Segar

ALTIS atau ALat Transportasi Ikan Segar adalah sarana penunjang transportasi dan distribusi ikan segar untuk pedagang ikan keliling. ALTIS dikembangkan sejak tahun 2014 oleh Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) dengan beberapa keunggulan yaitu mampu mempertahankan mutu ikan segar, berpendingin, bersih, higienis, dan dapat mempermudah aktifitas penjualan ikan oleh pedagang ikan keliling. 

Dengan keunggulan tersebut, ALTIS sudah banyak mengukir prestasi diantaranya sebagai inovasi paling prospektif (BIC) tahun 2016, teknologi yang direkomendasikan oleh KKP, juara 2 kompetisi IPLAN Challenge tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN), Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Nanyang Technological University of Singapore, serta telah bersertifikat paten. 

Serangkaian pengujian dan uji terap telah dilakukan pada lebih dari 70 pedagang ikan keliling di beberapa daerah di Indonesia meliputi Padang, Pacitan, Cirebon, Bantul, GunungKidul, Bitung, Pekalongan dan Jembrana. Hingga kini ALTIS telah berkembang dengan baik dan diharapkan menjadi karya nyata LRMPHP Bantul untuk masyarakat. 


0 comments:

Posting Komentar