Jumat, 27 Oktober 2023

Menteri Trenggono Raih Penghargaan The Best Leader for Developing Blue Economy Strategy di HUT KKP Ke-24

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono meraih penghargaan The Best Leader for Developing Blue Economy Strategy pada acara Indonesia Visionary Leader (IVL) 2023. Penghargaan ini sekaligus menjadi kado istimewa di hari ulang tahun ke-24 Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

"Alhamdulillah upaya saya bersama tim di KKP dalam menggagas program ekonomi biru mendapat apresiasi di IVL 2023. Ini tentu menjadi penambah semangat kami dalam mengimplementasikan program-program berbasis ekonomi biru," ujar Menteri Trenggono dalam siaran resmi KKP di Jakarta, Jumat (27/10/2023).

Penghargaan The Best Leader for Developing Blue Economy Strategy diraih lantaran Menteri Trenggono dinilai mampu mengembangkan program-program berbasis ekonomi biru sebagai upaya mewujudkan pengelolaan perikanan yang berkelanjutan dengan mengedepankan ekologi sebagai panglima.

Adapun program prioritas KKP meliputi lima kebijakan ekonomi biru yang mencakup perluasan kawasan konservasi laut, penangkapan ikan terukur berbasis kuota, pembangunan perikanan budidaya ramah lingkungan, pengelolaan dan pengawasan pesisir dan pulau-pulau kecil secara berkelanjutan, serta penanganan sampah plastik di laut. 

Lima program ekonomi biru KKP diyakini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih merata, meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal, dan mendukung upaya pelesetarian lingkungan. Selain itu, berbagai terobosan yang telah dikembangkan di sektor kelautan dan perikanan menjadi bukti nyata kepemimpinan visioner Menteri Sakti Wahyu Trenggono dalam mendorong Indonesia menjadi pemimpin dalam industri ekonomi biru.

“Konsep blue economy merupakan pemanfaatan sumber daya laut berkelanjutan bagi laju pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga kesehatan ekosistem laut,” papar Menteri Trenggono.

Sementara itu, Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto mengatakan, penghargaan yang diraih Menteri Trenggono pada acara IVL 2023 sekaligus menjadi kado istimewa di hari ulang tahun ke-24 KKP.

Doni menambahkan implementasi lima program ekonomi biru merupakan terobosan KKP untuk memastikan kondisi laut tetap sehat dan memacu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di sektor kelautan dan perikanan. Program tersebut dirancang sekaligus untuk menjawab tantangan ketahanan pangan hingga ancaman perubahan iklim.

Di sisi lain, lanjut Doni, Menteri Trenggono juga terbukti berhasil menorehkan peningkatan PNBP keluatan dan perikanan di masa kepemimpinannya.  PNBP KKP sepanjang tahun 2022 mencapai Rp1,79 triliun dan menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah berdirinya kementerian tersebut.

“Salah satu capaian signifikan, yakni Kementerian KKP berhasil mencatatkan rekor dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) perikanan yang tumbuh 111,8% di Semester I-2022, menjadi yang tertinggi di antara komoditas non-minerba lainnya,” ujarnya.

Malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader (IVL) 2023 digelar Kamis (26/10/2023) malam.  IVL yang diselenggarakan iNews Media Group bagian dari MNC Group merupakan acara tahunan yang telah menjadi sorotan sejak tahun 2017. 

IVL 2023 menjadi platform unggulan untuk mengapresiasi pemimpin-pemimpin inspiratif yang telah memberikan kontribusi luar biasa kepada bangsa dan negara.

Acara prestisius ini bertujuan mengapresiasi pemimpin-pemimpin yang telah membuktikan diri dalam memajukan instansi maupun wilayahnya masing-masing. Tahun 2023 menjadi momentum penting dalam perjalanan Indonesia Visionary Leader dengan tema utama "Pemimpin Sebagai Penjaga Resiliensi Ekonomi."

 

 

Sumber : kkp


0 comments:

Posting Komentar