Komitmen tersebut mengacu amanah Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Jangka Panjang Tahun 2012-2025 dan Jangka Menengah Tahun 2012-201 serta mengacu kepada Peraturan Menteri PAN & RB 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani Di Lingkungan Instansi Pemerintah. Salah satu wujud komitment tersebut yaitu dengan disusunnya indeks persepsi anti korupsi yang menjadi salah satu parameter Pemerintahan yang bersih dan melayani.
ZI menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani menitikberatkan pada Integritas penyelenggara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Integritas Penyelenggara pelayanan publik akan dinilai diantaranya dapat dilihat dari potensi suap dan kemungkinan penambahan biaya diluar tarif resmi yang telah ditetapkan.
Link Pengisian Survey >>> https://bit.ly/Mekanisasi-SPK
Berikut ini adalah laporan Survey Persepsi Anti Korupsi pada LRMPHP
1. Jenis Pelayanan : Pelayanan Jasa Publik
Nama Pelayanan : Kegiatan Magang Siswa dan Mahasiswa
Tempat Pemberian Pelayanan : Kantor LRMPHP
Tujuan Pemberian Pelayanan : Meningkatkan kerjasama dan penguatan jejaring penelitian dan
2. Jenis Pelayanan : Pelayanan Jasa Publik
Nama Pelayanan : Penelitian Mahasiswa D3 dan S1
Tempat Pemberian Pelayanan : Kantor LRMPHP
Tujuan Pemberian Pelayanan : Meningkatkan kerjasama dan penguatan jejaring penelitian dan
Sampai dengan Bulan Maret Tahun 2021 telah dilakukan survey terhadap 6 mahasiswa magang dan penelitian di kantor LRMPHP. Tujuan penyebaran kuesioner ini adalah untuk memetakan persepsi pengguna layanan magang dan penelitian di LRMPHP terkait dengan usaha pencegahan korupsi di lingkungan LRMPHP. Berdasarkan hasil survei persepsi korupsi oleh pelanggan diperoleh nilai sebesar 4 (skala nilai 1-4). Nilai tersebut menunjukkan bahwa secara umum mutu pelayanan kegiatan magang dan penelitian di LRPMPHP bersih dan sudah menerapkan pencegahan korupsi. Hasil rincian pelaksanaan survei sebagai berikut :
No |
Survei Spesifik |
Hasil |
1 2 3 4 5 6 |
Apakah menurut (pengalaman)
Saudara/i terdapat budaya dan praktik-praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme
(KKN) dalam pengurusan layanan di LRMPHP Menurut pengalaman, apakah Saudara/i memberikan tanda terima kasih atas pelayanan yang telah diselesaikan oleh LRMPHP (meskipun tidak diminta), baik dalam bentuk barang ataupun uang Menurut pengalaman Saudara/i,
apakah terdapat informasi yang menyatakan bahwa di LRMPHP terdapat
oknum-oknum petugas yang melakukan praktik korupsi Apakah Saudara/i pernah ditawari
untuk memperoleh pelayanan LRMPHP yang lebih cepat dan mudah dengan meminta
imbalan (uang atau barang) tertentu oleh petugas LRMPHP Apakah Saudara/i pernah dipersulit
oleh petugas LRMPHP (walaupun saya sudah memenuhi persyaratan layanan) untuk
mendapatkan layanan dan terindikasi dugaan petugas tersebut menghendaki
imbalan (uang atau barang) tertentu Apakah Saudara/i pernah dihubungi
oleh seseorang (yang mengatasnamakan LRMPHP) untuk mendapatkan layanan tanpa
melalui prosedur resmi yang ditetapkan oleh LRMPHP |
Tidak pernah (4) Tidak pernah
(4) Tidak pernah
(4) Tidak pernah
(4) Tidak pernah
(4) Tidak pernah
(4) |