Kamis, 24 Agustus 2017

Workshop Academic Writing and Publication for Social Sciences

Dua Peneliti LRMPHP mengikuti Workshop Academic Writing and Publication for Social Sciences di Auditorium Pascasarjana UGM pada tanggal 16 Agustus 2017. Acara ini diselenggarakan oleh BPP (Badan Penerbit dan Publikasi) bekerja sama dengan Pusat Studi Sosial Asia Tenggara (PSSAT). Narasumber workshop  adalah Dr. Thomas Hanitzsch dari Institute of Communication Studies and Media Research, LMU Munich, Germany. Workshop dibuka oleh drg. Ika Dewi Ana, Ph.D., selaku Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M) UGM. Dalam sambutannya beliau berharap acara semacam ini dapat meningkatkan produktivitas penelitian bagi para sivitas akademik maupun peneliti sehingga dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi bangsa Indonesia.

Suasana Workshop Academic Writing and Publication for Social Sciences
Pada sesi pertama materi disampaikan oleh Dr. Thomas Hanitzsch dengan topik “Strategy function of journals. Dalam pemaparannya Dr. Thomas Hanitzsch menerangkan hal-hal penting yang harus menjadi perhatian terkait publikasi sebuah artikel diantaranya, bagaimana mengukur kualitas jurnal yang dituju, jurnal impact factorjournal citation reports (InCites) dan pemaparan tentang proses editorial sebuah artikel. Beliau menyampaikan bahwa salah satu cara melihat reputasi akademik yaitu dengan melihat riwayat jurnal akademik yang telah ditulis. Untuk mengukur kualitas seorang penulis melalui beberapa indicator, yaitu H index (jumlah publikasi yang disitasi sebanyak h kali), G index (Memberi bobot lebih banyak pada artikel yang sering dikutip), Contemporary h index (Memberi bobot lebih pada artikel yang sering dipublikasikan) dan Hm-index (untuk co-authorship). Sedangkan pada pemaparan tentang proses editorial beliau menyampaikan beberapa tahapan editorial, yaitu submission, desk screening, peer review dan editorial decision.

Pemaparan Materi oleh Thomas Hanitzch
Pada sesi kedua materi disampaikan oleh Purwoko, M.A. dari pustakawan di Fakultas Teknik UGM dengan topik manajemen referensi menggunakan Mendeley dan Zotero dan praktik pengecekan plagiarism. Beliau menyampaikan bahwa manajemen referensi termasuk ke dalam pengelolaan informasi. Software yang digunakan yaitu Mendeley dan Zotero termasuk software yang dapat diunduh secara gratis, dan nantinya akan terintegrasi dengan Microsoft Words. Sedangkan untuk mendeteksi kesamaan tulisan menggunakan software Ithenticate yang dapat mendeteksi kesamaan tulisan dalam persentase (%). Pada sesi praktek dilakukan dengan memeriksaan kesamaan pada naskah beberapa peserta dengan software Ithenticate. Dalam hal penerbitan suatu naskah, editor berperan penting dalam menentukan apakah kesamaan pada suatu naskah tersebut dapat dikategorikan sebagai plagiarisme atau bukan, sebagai contoh dalam penulisan suatu metode yang harus sama dengan referensinya.

0 comments:

Posting Komentar