Jumat, 03 April 2020

Produktifitas LRMPHP Tetap Terjaga selama WFH

Aktivitas pelaksanaan riset selama WFH
Berkenaan dengan Surat Edaran Menteri Kelautan dan Perikanan nomor B.185/SJ/KP.620/III/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang Tindaklanjut Pelaksanaan Bekerja Dari Rumah (Work From Home) di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Surat Dinas Kepala LRMPHP No:311/BRSDM/LRMPHP/KP.712/III/2020 tentang sistem kerja pegawai LRMPHP dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19, LRMPHP  menindaklanjutinya dengan memberlakukan WFH di lingkup LRMPHP sejak 17 Maret 2020.

Meskipun LRMPHP memberlakukan WFH namun ada sebagian pegawai manajerial yang masuk dengan menerapkan protokol pengendalian penyebaran COVID-19 seperti menjaga jarak dalam berinteraksi dan selalu menggunakan masker maupun  cuci tangan di lobi yang telah disediakan. Petugas keamanan yang semula 2 orang/shift menjadi 1 orang/shift, sedangkan petugas kebersihan tetap masuk setiap hari dengan jam kerja yang diatur agar persinggungan diminimalkan.

Untuk pegawai yang masuk kantor, presensi dengan ditulis tangan/manual, sedangkan untuk yang WFH tetap melaporkan kegiatan selama WFH dengan mengisi logbook yang berisi uraian pekerjaan dan hasil penugasan, suhu badan, dan foto selfie kegiatan yang ditagging waktu dan lokasi. Pada pelaksanaan riset, kegiatan WFH dilakukan oleh anggota tim riset dengan penyempurnaan dokumen riset seperti penajaman subtansi proposal, gambar teknis, desain dan  penyusunan karya tulis ilmiah sebagai bahan untuk seminar/konferensi/workshop yang biasanya diselenggarakan pada kuartal ke-3 setiap tahunnya.

Optimalisasi pekerjaan selama WFH juga dilakukan dengan terus mengisi website UPT dengan artikel ilmiah populer dan juga pemberitaan lainnya. Artikel ini juga diblast ke medsos @mekanisasikp. Hingga 31 Maret 2020 tercatat  sudah 38 artikel yang diposting dengan rincian 9 artikel pada bulan Januari, 8 artikel Februari dan 21 artikel pada bulan Maret.

Selain itu dalam rangka tanggap COVID-19, LRMPHP melengkapi sarpras untuk persiapan jika nantinya ada kebijakan masuk kantor secara normal maupun shifting. Beberapa sarpras yang disiapkan diantaranya   cairan desinfectan, wastafel portable di depan lobi, termometer dahi dan masker.

Untuk  program magang /PKL yang sedianya akan dilaksanakan dalam waktu dekat, pelaksanannya  juga ditangguhkan untuk pencegahan dan penanggulangan resiko penularan infeksi COVID-19. Permohonan magang tersebut dari INTAN Yogyakarta, UNPAD Bandung dan UNILA Lampung (belum disetujui). Sementara itu untuk program magang tugas akhir yang sedang dilaksanakan taruna Poltek KP Karawang sudah dihentikan per 28 Maret 2020 sesuai instruksi Direktur PKP Karawang. Selama pandemi COVID-19, kegiatan rapat juga dilakukan sacara vicon (Video Converence) diantaranya vicon bersama Kapuriskan dan Kabid Alsinkan.

Meskipun WFH, beberapa pegawai mengoptimalkan kegiatan dirumah dengan melakukan kegiatan riset diantaranya pengukuran konsumsi oksigen ikan Nila selama dalam rangka riset pembuatan alat transportasi ikan hidup. Dengan berbagai keterbatasan kegiatan tersebut tetap dapat dilakukan secara proporsional. Selain itu beberapa aktifitas perbengkelan dalam rangka kegiatan pembuatan alsin juga tetap dilakukan dengan tetap mengedepankan kesehatan dan pencegahan pendemi.

0 comments:

Posting Komentar