Jumat, 03 April 2020

“Statistik KKP Mobile” untuk Permudah Akses Data Perikanan

Aplikasi Statistik KKP Mobile (Foto: KKP)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menghadirkan inovasi guna memberikan pelayanan maksimal. Kali ini, sebagai salah satu upaya penyebarluasan data statistik Kelautan dan Perikanan, Pusat Data, Statistik, dan Infomasi (Pusdatin) KKP, mengembangkan aplikasi berbasis Android “Statistik KKP Mobile”.
“Versi pertama-nya telah diluncurkan sejak pertengahan Bulan Maret 2020 ini,” kata Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) KKP, Antam Novambar di Jakarta, Kamis (2/4).
Antam memaparkan, statistik KKP Mobile ini dilengkapi dengan tiga fitur utama yang dapat menjadi sumber informasi seputar Kelautan dan Perikanan Indonesia yang dapat diunduh oleh para pengguna. Ketiga fitur tersebut antara lain, infografis yang menyajikan berbagai informasi dalam bentuk grafis seputar berbagai program yang menjadi andalan KKP.
“Lalu publikasi yang menyajikan berbagai buku digital publikasi KKP terkini yang dapat diunduh oleh pengguna,” sambungnya.
Aplikasi tersebut, kata Antam, juga dilengkapi dengan tabel yang berisi penyajian seputar Data Kelautan dan Perikanan terkini dalam bentuk tabular. Tabel ini dapat diunduh dalam bentuk spreadsheet oleh pengguna.
“Selain ketiga fitur tersebut, pada halaman utama juga dapat diamati berbagai IKU KKP terkini,” jelas Antam.
Antam berharap, keberadaan Statistik KKP Mobile ini bisa memperlancar dan mempercepat aliran informasi dari KKP ke berbagai pihak yang memiliki kepentingan, baik pihak internal KKP sendiri, Pemerintah Daerah, maupun para Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan di level paling bawah.
“Aplikasi berbasis Android ini sudah dapat dinikmati dengan cara mengunduh gratis di Google Play Store, dengan cara mengetikkan “Statistik KKP” pada kolom pencarian,” katanya.

Sumber : KKPNews


0 comments:

Posting Komentar