Kamis, 27 April 2023

Penilaian Inovasi Pelayanan Publik MA'KLIK LRMPHP oleh Tim KKP


LRMPHP merupakan salah satu UPT lingkup BRSDM KP yang menyelenggarakan pelayanan publik berupa pelayanan magang. Untuk meningkatkan pelayanan tersebut LRMPHP melakukan inovasi pelayanan terpadu melalui aplikasi MA’KLIK. Inovasi ini dibuat untuk mempermudah pengguna layanan yang akan melakukan magang. Pengguna layanan hanya melakukan satu kali pengisian formulir untuk mendaftar atau mengajukan magang atau penelitian. Aplikasi MA’KLIK dapat diakses melalui website LRMPHP yaitu www.mekanisasikp.web.id menu pelayanan terpadu. 

MA’KLIK  “Magang Langsung Klik” dibangun dengan memodifikasi fitur google form, serta sudah terintegrasi dengan portal MekanisasiKP dan manajemen satker (dalam bentuk SOP). Inovasi MA’KLIK ini diusulkan untuk mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN dan RB Tahun 2023. Berdasarkan rangkaian seleksi di internal BRSDM KP pada tanggal 10 April 2023, proposal inovasi MA’KLIK dari LRMPHP bersama 4 proposal lainnya terpilih diusulkan ke tingkat KKP untuk proses lebih lanjut.

Sebagai tindak lanjut penilaian proposal MA’KLIK di tingkat KKP, Tim LRMPHP melakukan perbaikan proposal sesuai arahan tim penilai dari KKP. Beberapa masukan yang disampaikan diantaranya terkait latar belakang, perumusan masalah dan tujuan, serta kesesuaian struktur penulisan proposal dengan panduan. Tim penilai KKP juga menyampaikan terkait kebaruan inovasi sebagai nilai tambah, implementasi inovasi dalam mengatasi permasalahan, signifikansi inovasi dengan melampirkan data dukung laporan baik secara kualitatif maupun kuantitatif, adaptabilitas, sumber daya (keuangan, manusia, metode dan peralatan/material) serta strategi keberlanjutan inovasinya.


0 comments:

Posting Komentar