Senin, 22 Oktober 2018

Peneliti LRMPHP Raih Pemakalah Terbaik di Semnas BBRP2BKP


Peneliti LRMPHP paparkan KTI di Semnas BBRP2BKP (dok.LRMPHP)
Peneliti LRMPHP ikut berpartisipasi dalam Seminar Nasional (Semnas) Hasil Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2BKP), Jakarta pada (16-17/10). Keikutsertaan peneliti dalam kegiatan tersebut selain untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan, juga untuk mempublikasikan hasil karya tulis ilmiah (KTI). Pada kesempatan tersebut, KTI dengan judul Rancang Bangun dan Uji Kinerja Mesin Pencacah Tulang Ikan yang disampaikan oleh Luthfi Assadat terpilih sebagai pemakalah terbaik bidang mekanisasi proses kelautan dan perikanan.


Piagam pemakalah terbaik di Semnas BBRP2BKP
Semnas BBRP2BKP tahun ini mengusung tema “Peran Iptekin dan Sumber Daya Manusia dalam Penyediaan Produk Perikanan yang SAH (Sehat, Aman dan Halal)”. Seminar dibuka oleh Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (Ka.BRSDM), Prof. Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA, yang dilanjutkan dengan laporan kegiatan Semnas oleh Ka.BBRP2BKP, Prof. Dr. Hari Eko Irianto. 

Dalam sambutannya, Ka.BRSDM menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara maritim yang kaya akan kekayaan laut sehingga perlu identifikasi produk-produk derivasi bioteknologi yang ditemukan serta pendokumentasian spesies dan tracebility produk tersebut. Saat ini tracebility untuk bahan baku sudah ada namun untuk produk derivasi belum ada. Oleh karena itu, perlunya memperkenalkan konsep-konsep nama produk hasil temuan/inovasi/riset produk derivasi, jangan sampai justru produk kita diteliti dan diakui oleh negara lain.
Pembukaan Semnas BBRP2BKPP oleh Ka.BRSDM (dok.LRMPHP)

Laporan kegiatan Semnas oleh Ka.BBRP2BKP (dok.LRMPHP)
Pada kegiatan seminar juga dipaparkan makalah oleh 4 pembicara kunci yaitu Ir. Rifky Effendi Hardijanto (Direktur Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, KKP) dengan tema “Peluang dan Tantangan Implementasi Jaminan Produk Sehat, Aman dan Halal yang disampaikan, Prof. Dr. Bambang Prasetya (Kepala Badan Standarisasi Nasional) dengan tema “Peran BSN dalam Standarisasi Produk Perikanan yang Sehat, Aman dan Halal”, Dr. Suradi Wijaya S., MS selaku Wakil Ketua Forum Perguruan Tinggi Perikanan Indonesia dengan tema “Peran Perguruan Tinggi dalam Penyediaan SDM mendukung Industri Perikanan Halal” dan Prof. Ir. Sukoso, M.Sc., Ph.D. selaku Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama RI dengan tema Menuju Idonesia Wajib Halal 2019.

Pemaparan makalah oleh salah satu pembicara kunci, Prof. Ir. Sukoso, M.Sc., Ph.D (dok.LRMPHP)
Setelah acara pembukaan dan paparan pembicara kunci, kegiatan semnaskan dilanjutkan dengan sesi panel penyampaian KTI oleh para peserta. Pada seminar ini LRMPHP menyampaikan 7 KTI yang dipresentasikan secara oral. Berikut daftar KTI yang dipresentasikan oleh LRMPHP tersebut.


0 comments:

Posting Komentar