Kamis, 18 Oktober 2018

Kunjungan Kepala BRSDM di Stand Pameran LRMPHP

Kunjungan Ka.BRSDM di stand pameran LRMPHP
Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) turut berpartisipasi dalam kegiatan pameran di Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2BKP) Jakarta pada (16-17/10). Keikutsertaan LRMPHP dalam pameran tersebut sebagai tindak lanjut atas surat undangan permintaan partisipasi pameran BBRP2BKP No. 3048/BRSDM-BBRPPBKP/TU.210/X/2018 tanggal 9 Oktober 2018. Kegiatan pameran diselenggarakan dalam rangka Seminar Nasional Hasil Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan tahun 2018 di BBRP2BKP. Selain diikuti oleh LRMPHP, pameran juga diikuti oleh UKM dan swasta diantaranya PT. Sariayu, PT. Elo Karsa Utama, PT. Rumah Rumput Laut serta internal BBRP2BKP yang menampilkan produk-produk hasil riset  bidang bioteknologi, keamanan pangan dan pengolahan produk.

Pada pameran ini, LRMPHP menampilkan peralatan uji kesegaran ikan berbasis android (alat UKI). Prinsip kerja alat ini adalah pendeteksian bau ikan menggunakan sensor ammonia dan citra mata ikan menggunakan kamera. Keunggulan alat uji ini selain bersifat non-destruktif (tidak merusak bahan), pengujiannya juga cepat dan dapat mengetahui kesegaran ikan secara real time. Selain alat uji kesegaran ikan, hasil-hasil riset LRMPHP dalam bentuk leaflet, brosur, infografis dan banner juga ditampilkan dalam pameran ini.

Stand pameran LRMPHP
Selama mengikuti pameran, stand LRMPHP banyak menerima kunjungan baik dari akademisi maupun praktisi yang menanyakan beberapa hal terkait prinsip kerja alat, kegunaan, harga dan spesifikasinya. Salah satu pengunjung yang memberikan apresiasinya terhadap alat uji kesegaran ikan yang ditampilkan LRMPHP adalah Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (Ka.BRSDM), Prof. Sjarief Widjaja. Pada kesempatan tersebut, Ka.BRSDM memberikan arahan dan motivasi kepada LRMPHP agar peralatan yang ditampilkan segera dapat dihilirisasi sehingga bermanfaat bagi masyarakat. 

Stand LRMPHP merupakan salah satu stand yang menarik untuk dikunjungi karena saat pameran dilakukan demo peralatan uji kesegaran ikan menggunakan ikan tuna. Beberapa pengunjung memberikan masukan dan saran untuk perbaikan alat tersebut diantaranya untuk memperbanyak data latih pengujian, menambah parameter pengujian seperti mirobiologi dan TVB sebagai data referensi. Selain itu, interferensi data hasil uji kesegaran ikan juga harus diperhatikan mengingat kondisi sampel dan lingkungan yang berbeda akan mempengaruhi akurasi pembacaan. Penggantian sampel dengan ikan jenis lain seperti ikan nila perlu dipertimbangkan mengingat cukup sulit untuk mendapatkan ikan tuna dalam kondisi segar.


Demo alat uji kesegaran ikan dan diskusi dengan pengunjung



0 comments:

Posting Komentar